heru … khoiru …. hero …

Suatu hari pernah ada yang bilang kalo asal kata heroe (baca : heru) itu berasal dari bahasa arab … bahasa arabnya khoiru, trus karna orang jawa agak belibet ngomongnya… berubah menjadi heru 🙂

Entah benar ato salah (moga-moga benar), tapi hal itu membuat saya sedikit bangga. coz nama bisa juga merupakan doa, so kalo namanya baik berarti doanya baik. Setahu sy, khoiru itu artinya BAIK (KEBAIKAN), LEBIH BAIK ato TERBAIK (CMIIW) .

Banyak kata khoir yang qta temukan di Qur’an maupun hadits. Seperti kata khoiru ummah di Ali Imran : 110, di ayat tersebut kata KHOIR di artikan TERBAIK. Atau kata KHOIR di Ali Imran:110, yang diterjemahkan dengan KEBAIKAN . Kemudian kata KHOIR di Ash Shaff : 11, yang diartikan LEBIH BAIK. dan masih byk ayat lainnya.

Kalo di hadits ada juga, seperti hadits tentang keutamaan belajar dan mengajarkan Qur’an (Khoirukum man ta’alamal qur’an wa ‘alamahu), atau di hadits tentang manusia terbaik adalah yang paling bermanfaat (khoirunnas anfa’ahum linnas).

Menarik juga jika kata KHOIRU tersebut qta hubung-hubungkan dengan kata HERO. Kata HERO biasa diartikan dengan pahlawan. Sejalan kan dengan kata KHOIR !!! Karena biasanya yang disebut pahlawan adalah orang yang punya kebaikan atau lebih baik dari orang biasa.

Jadi sy simpulkan bahwa bapak dan ibu memberikan nama Heru kepada sy, karena beliau-beliau berharap anaknya menjadi seorang PAHLAWAN atau setidaknya menjadi anak yang BAIK atau LEBIH BAIK atau TERBAIK.

Semoga do’a bapak & ibu bisa terkabul. amin